BLOG PENGAWAS SEKOLAH KABUPATEN PESISIR BARAT

Kamis, 04 April 2013

STRATEGI PEMBELAJARAN

1. Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran adalah suatu proses terjadinya intraksi antara pelajar (siswa/mahasiswa) dan pengajar (guru/dosen/instruktur)
dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran, yang berlangsung dalam suatu lokasi tertentu dalam jangka satuan waktu tertentun pula
(Oemar Hamalik 2010).

Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut maka pengajar perlu memulainya dengan tahapan-tahapan beriktu :
a. Persiapan (desain Pembelajaran)
Pada tahap ini seorang pengajar perlu menyusun skenario pembelajaran dengan memperhatikan Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar untuk menentukan tujuan pembelajaran, indikator yang harus dicapai sebagai dasar dalam memilih materi ajar dan bahan
ajar, metode pembelajaran,kegiatan pembelajaran dan jenis evaluasi.Semua skenario tersebut dituangkan dalam bentuk tulisan
yang disebut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

b. Pelaksanaan (Kegiatan Pembelajaran)
Skenario yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tersebut akan menjadi patokan pengajar dalam melaksanakan
proses pembelajaran di kelas. Selama pelaksanaan pembelajaran sebaiknya guru bertindak sebagai fasilitator dalam arti
kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa (student centred)melalui kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.

2. Strategi Pembelajaran.
Oemar Hamalik (2010 : 162) menyatakan bahwa Strategi pembelajaran adalah pola umum untuk mewujudkan proses belajar mengajar.
Secara operasional strategi pembelajaran adalah prosedur dan metode yang ditempuh oleh pengajar untuk memberikan kemudahan bagi
peserta didik melakukan kegiatanbelajar secara aktif dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Suatu strategi pembelajaran merupakan sistem menyeluruh yang terdiri dari lima variabel yakni tujuan pembelajaran, materi
pelajaran, metode dan tekni mengajar, siswa/mahasiswa, guru/tenaga kependidikan laninnya, dan logistik/unsur penunjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar